Pedoman KP

LAPORAN KERJA PRAKTEK

 

            Kerja Prakek merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 sks. Kegiatan kerja praktek mahasiswa teknik sipil meliputi tahap observasi di lapangan pada suatu proyek pembangunan untuk mengamati langsung kegiatan pelaksanaan proyek baik pelaksanaan konstruksi maupun manajemen proyek. Tahap akhir kerja praktek adalah penulisan laporan tentang kegiatan proyek di lapangan baik pelaksanaan konstruksi maupun manajemennya.

Kerja praktek bertujuan membeberkan pengalaman visual dan pengenalan tentang segala sesuatu yang menyangkut kegiatan pembangunan fisik dengan segala aspeknya sehingga mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas masalah-masalah tersebut. Aspek tersebut meliputi perencanaan, konstruksi, administrasi, pelaksanaan dan manajemen di lapangan.

            Pelaksanaan kerja praktek juga bertujuan agar dapat membina kemampuan dan keterampilan mahasiswa secara optimal dalam aspek pembahasan, kesimpulan, saran serta kemampuan untuk menyampaikan dalam bentuk tulisan. Dalam penulisan pekerjaan yang diamati di lapangan, seyogyanya mahasiswa tidak hanya menulis ulang isi pedoman dan syarat-syarat kerja (RKS). Penulisan kegiatan yang diamati dapat dilakukan dengan meringkas langkah-langkah kegiatan tersebut dengan mengacu pada data-data dalam kegiatan sebenarnya dilapangan.

            Laporan kerja praktek terdiri atas tiga bagian yakni bagian awal, bagian utama dan bagian akhir.

  1. A.                BAGIAN AWAL

Bagian awal mencakup halaman sampul depan laporan kerja praktek, halaman judul, halaman pengesahan kerja praktek, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

Halaman sampul depan. Halaman sampul depan memuat judul kerja praktek, lambang Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru, nama dan nomor induk mahasiswa, nama program studi dan tahun penyelesaian kerja praktek yang dapat dilihat pada Lampiran 1.

Halaman Judul. Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan.

Halaman pengesahan laporan kerja praktek. Halaman ini memuat lembar pengesahan laporan kerja praktek, judul kerja praktek, tanggal mulai dan tanggal selesai kerja praktek. Halaman pengesahan memuat tanda tangan pembimbing dan tanda tangan ketua program studi. Contoh halaman pengesahan laporan kerja praktek dapat dilihat pada Lampiran 2.

“Kata pengantar. Kata pengantar mengandung uraian singkat tentang tujuan kerja praktek, tempat, waktu pelaksanaan kerja praktek, nama-nama pembimbing selama kerja praktek serta ucapan terimakasih.

Daftar isi. Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi laporan kerja praktek dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat halaman suatu bab atau anak sub judul. Contoh penulisan daftar isi laporan kerja praktek dapat dilihat pada Lampiran 3.

Daftar gambar. Daftar gambar berisi informasi gambar-gambar yang terdapat di dalam laporan kerja praktek dan nomor halamannya.

Daftar lampiran. Daftar lampiran memuat lampiran-lampiran yang mendukung laporan kerja praktek dan nomor halamnnya.

 

B.        BAGIAN UTAMA

Bagian utama laporan kerja praktek mangandung bab-bab pendahuluan, tinjauan umum proyek, tinjauan khusus pekerjaan dan penutup.

 

Pendahuluan. Pendahuluan memuat uraian tentang proyek secara garis besar tetapi menyeluruh. Pendahuluan terdiri dari latar belakang proyek yaitu uraian tentang mengapa didirikan proyek tersebut, tujuan proyek, lingkup kerja praktek dan sistematika penulisan.

Tinjauan umum proyek. Tinjauan umum proyek memuat data umum proyek dan pelaksanaan proyek.

Data umum proyek. Data umum proyek meliputi nama proyek, waktu pelaksanaan, nilai proyek, kontraktor, konsultan, lokasi pemilik, sumber dana, system konstruksi, manfaat proyek dan lain-lain.

Pelaksanaan proyek. Pelaksanaan proyek meliputi tahap pelelangan dan tahap pelaksanaan di lapangan.

Tahap Penetuan Perencana & Pelaksanaan Proyek. Berisi uraian tentang proses penunjukan perencana (konsultan) dan pelaksana (kontraktor) proyek, baik melalui proses tender ataupun penunjukan langsung. Jika pada proyek proses tender dilakukan, maka mahasiswa harus mencari informasi dari pemilik proyek beberapa dokumen seperti dokumen lelang, dokumen penawaran, dan surat perintah kerja.

Tahap pelaksanaan di lapangan. Hal ini meliputi:

 

  1. Organisasi dan personil, berisi tentang organisasi pelaksana proyek di lapangan, hubungan kerja serta fungsi dan tugas tiap personil (struktur organisasi proyek)
  2. Peralatan dan logistic, berisi tentang jumlah, jenis, karakteristik, organisasi dan pengaturan operasional peralatan, system pengadaan, penyimpanan dan penyaluran logistik.
  3. Pelaksanaan, berisi tentang cara-cara melaksanakan pembangunan dari tahap persiapan, penentuan sumbu dan batas bangunan, metode kerja secara terinci untuk setiap kegiatan, misalnya pekerjaan tanah, pekerjaan perekayasaan dan sebagainya.
  4. Pengawasan, berisi tentang supervisi cara melakukan pengawasan kuantitas dan kualitaspekerjaan, cara-cara pengukuran hasil pekerjaan, cara pengujian lapangan dan laboratorium dari hasil pekerjaan, cara melakukan evaluasi mutu, pembuatan foto-foto selama periode kegiatan kerja praktek yang menggambarkan peningkatan tahap pembangunan dan hal-hal khusus.
  5. Administrasi Proyek, berisi tentang berita acara penyelesaian setiap tahap pekerjaan, cara-cara pengajuan permohonan dan pengambilan pembayaran/termin, monthly certificate, berita acara penyerahan akhir pekerjaan.
  6. Manajemen proyek, berisi tentang metode manajemen yang digunakan oleh pelaksana proyek (manajemen pelaksanaan proyek, manajemen pengawasan proyek dan manajemen dari organisasi pemilik proyek).

Tinjauan khusus kerja praktek. Tinjauan khusus memuat dasar-dasar pemikiran dan pertimbangan metode pelaksanan konstruksi suatu pekerjaan di proyek atau hal lain yang ditugaskan oleh Dosen Pembimbing. Tinjauan khusus dapat berupa contoh perhitungan struktur yang diamati di lapangan.

 

Penutup. Penutup berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran mahasiswa terhadap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan manajemen proyek.

 

C.        BAGIAN AKHIR

Bagian akhir mengandung daftar pustaka dan lampiran.

 Daftar pustaka. Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam laporan tugas akhir dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulisan pertama. Penulisan daftar pustaka diuraikan lebih rinci pada bagian Tata cara penulisan.

 Lampiran. Lampiran memuat keterangan atau informasi yang diperlukan dalam laporan kerja praktek, misalnya administrasi kerja praktek, gambar proyek, pengujian laboratorium, dokumentasi proyek dan lain-lain.